Kaji Tiru ke Bapenda Kotim, Bapenda Kobar Pelajari Optimalisasi Pajak Daerah dan Pemutakhiran PBB-P2

MMC Kobar - Dalam rangka meningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD), Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) melaksanakan kegiatan kaji tiru Optimalisasi Pajak Daerah dan Pemutakhiran Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan, Perkotaan (PBB-P2) ke Bapenda Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) pada Senin (30/8).

Bertempat di aula Bapenda Kotim, rombongan Bapenda Kobar disambut hangat oleh Sekretaris Bapenda Kotim, Siti Rudiyati dan didampingi pejabat lainnya. Kepala Bapenda Kobar M. N. Ikhsan langsung membuka pertemuan tersebut dengan menyampaikan maksud dan tujuan kaji tiru yang dilaksanakan kali ini.

“Sebuah kebanggan bagi kami bisa sharing ilmu dan menjalin silaturahmi dengan Bapenda Kotim, Bapenda Kobar mencoba untuk belajar lagi kepada Bapenda Kotim. Mungkin sebelumnya kita sudah kesini dengan pembelajaran yang lain, saat ini kedatangan kita ingin belajar terkait optimalisasi penerimaan pajak daerah dan pemutakhiran data PBB-P2”, ucap Ikhsan.

Ikhsan juga menambahkan bahwa Bapenda Kobar saat ini akan melaksanakan pemutakhiran data PBB-P2 mengingat data sebelumnya adalah dari Pajak KPP Pratama Pangkalan Bun.

“Bapenda Kobar melihat bahwa Bapenda Kotim sudah baik dalam optimalisasi PAD terlihat pada pelayanan pajak yang memberikan kemudahan kepada wajib pajak dan juga sistem data yang dimiliki Bapenda Kotim bisa dikembangkan menjadi satu sistem infromasi pajak daerah yang terintegrasi baik PBB-P2 maupun pajak daerah lainnya. Data ini bisa diakses semua bidang dan mempergunakannya sesuai dengan kebutuhan masing-masing,” ujar Ikhsan

Bapenda Kobar setelah kegiatan ini, lanjut Ikhsan, akan melaksanakan pemutakhiran data PBB-P2, sehingga data yang dimiliki sudah sesuai dengan data di lapangan. Sistem dan teknis yang dilaksanakan oleh Bapenda Kotim akan dicoba untuk diterapkan di Kobar, baik administrasi ataupun teknis di lapangan.

“Kaji tiru ini harapannya bukan hanya menjadi sebuah pertemuan biasa namun dapat menjadi ajang silaturahmi Bapenda Kobar bersama Bapenda Kotim, mengingat sama-sama selaku pemangku PAD untuk pembangunan Daerah masing-masing,” imbuhnya.

Orang bijak taat bayar pajak, dengan pajak Kobar Jaya..

Pajak Daerah Untuk Pembangunan Daerah. (bapenda kobar)

Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Kotawaringin Barat

Jalan Sutan Syahrir No. 22 Kelurahan Sidorejo Pangkalan Bun Kode Pos 74112 Fax ( 0532 ) 28052
badanpendapatankobar@gmail.com
( 0532 ) 21064 28414